Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam membangun Bangsa


Kemajuan teknologi tidak lepas dari keingintahuan seseorang yang ingin menyederhanakan sesuatu yang rumit atau sesuatu yang dianggap sulit untuk dijangkau oleh orang lain menjadi lebih mudah. Sehingga dengan kehadiran teknologi bisa meminimalisir resiko dan mengefisienkan waktu, tenaga dan penggunaan sumber daya yang berlebihan. Informasi dan Komunikasi mempunyai peran yang sangat penting layaknya suatu Pendidikan yang menjadi pilar dari suatu kemajuan Bangsa. Tanpa Informasi dan Komunikasi tentunya pengetahuan akan berjalan lambat. Perkembangan Bangsa saat ini pun tentu tidak lepas dari kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
***
Jauh sebelum Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang pesat, penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain dilakukan dengan menuliskan pesan diatas secarik kertas dan mengirimkannya ke tempat yang ingin dituju yang bisa saja membutuhkan waktu berhari-hari ataupun berbulan-bulan bergantung pada jarak tempat yang dituju dan juga alat transportasi yang digunakan. Bangsa Romawi di suatu situs sejarah, 2000 tahun yang lalu menggunakan burung merpati yang telah dilatih untuk membawa pesan sepucuk surat kepada orang yang ingin dituju. Penggunaan burung merpati untuk menyampaikan pesan terus dilakukan hingga tahun 1870, dimana saat itu Perancis menggunakannya untuk tujuan militer. Di tahun 1871, seorang penemu berkebangsaan Italia bernama Antonio Meucci, mengembangkan suatu alat komunikasi yang saling terhubung dengan menggunakan perantara kabel. Sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh penerima pesan. Penemuan alat itu disebut telepon. Kemudian saat itu perusahaan yang didirikan oleh Alexander Graham Bell yang juga turut memberikan kontribusi dalam perkembangan telepon memantenkan penemuan telepon melalui perusahaan telekomunikasi The Bell yang ia dirikan. Perkembangan teknologi Informasi terus dilakukan oleh beberapa para pengembangan ilmu pengetahuan dengan melakukan berbagai riset dan penelitian. Hingga penemuan radio yang memanfaatkan frekuensi gelombang elektromagnetik untuk mengirim sinyal audio sehingga dapat ditangkap oleh radio penerima. Tidak sampai disitu, penemuan Televisi juga memberikan dampak besar bagi kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dulunya orang hanya bisa mendapatkan Informasi dalam bentuk tulisan dan suara, dengan penemuan Televisi pertamakali maka pesan atau informasi tersebut dikirimkan dalam bentuk visual atau sering dikenal dengan istilah video.


Hingga periode sekarang, dimulai Abad ke-19 teknologi informasi dan komunikasi maju dengan pesat sejak ditemukan Internet Digital pertama kalinya. Dimulai dari proyek penelitian komputer di ARPA, bagian dari Depertemen Pertahanan Amerika Serikat, untuk membuat suatu jaringan komputer global dapat terhubung sehingga orang dapat mengakses data dan informasi dari mana saja. Penelitian awal mulanya digunakan untuk kepentingan militer, agar dapat menghindari terjadinya informasi terpusat apabila terjadi serangan nuklir di daerah-daerah vital. Hingga akhirnya digunakan untuk keperluan non militer seperti universitas-universitas dan pada tahun 1980-an, internet ini menjadi mewabah setelah Personal Komputer (PC) atau komputer pribadi mulai banyak digunakan oleh publik. perkembangan kemajuan informasi dan teknologi pun tidak lepas dari Kehadiran perusahaan teknologi. Mereka dengan berbagai fasilitas bersaing untuk menyediakan produk-produk dan perangkat teknologi yang berkualitas yang bisa digunakan oleh manusia untuk membantu pekerjaan dan aktivitas mereka. Komputer, laptop, handphone adalah beberapa perangkat yang diciptakan oleh perusahaan teknologi di pertengahan abad ke - 19 untuk membantu tugas-tugas manusia yang semakin kompleks. Penyampain media informasi yang awal mulanya dilakukan oleh media-media cetak seperti koran dan majalah, kini mulai beralih ke Internet dengan menggunakan aplikasi website yang menampilkan halaman berisi informasi. Sehingga orang-orang yang memiliki akses Internet dapat dengan mudah mengetahui informasi yang ada dengan mengakses halaman website yang tersedia. Munculnya perusahaan teknologi berbasis website seperti yahoo, google, facebook dan twitter, menjadikan informasi kini dapat lebih mudah di akses dan orang-orang dapat berkirim pesan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan fasilitas email ataupun chatting yang disediakan oleh perusahaan tersebut.


***

Pemerintah dalam memajukan TIK

Nah, di awal abad-ke20 ini, Indonesia telah memasuki zaman dimana teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi inipun harus di iringi dengan kemampuan Sumber Daya Manusianya sehingga penerapan teknologi informasi dapat diikuti dan dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya. Tanpa kemampuan Sumber daya Manusianya, Indonesia akan sulit mengikuti perkembang Teknologi Informasi dan komunikasi yang telah diterapkan oleh beberapa Negara maju yang telah berkembang. Jika tidak mau ketinggalan dan menjadi penonton kemajuan teknologi, Indonesia harus berbenah dan belajar dari beberapa negara maju yang telah berkembang. Tentunya dengan menyiapkan pendidikan-pendidikan yang lebih baik di bidang teknologi Informasi dan komunikasi, mendorong Industri-industri Teknologi di Indonesia untuk meningkatkan fasilitas dan produk teknologi dengan kualitas standart yang lebih baik sehingga bisa bersaing dengan Industri luar Negeri. Menjalin kerjasama dengan sharing teknologi dari luar dengan mengadakan pertukaran pelajar/mahasiswa agar bisa menyerap perkembangan teknologi dari luar dan juga mendorong perusahaan-perusahaan startup lokal yang menjadi barisan terdepan dalam pengembang produk-produk teknologi. Juga mendorong para peneliti dan akademisi untuk bisa melakukan penelitian-penelitian yang bermanfaat untuk kemajuan perkembangan teknologi dan Informasi di Indonesia.


Negara harus menyiapkan visi jangka panjang ke depan untuk kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Melalui Kemenristekdikti, Indonesia harus bisa mendorong Industri-industri Teknologi di Indonesia untuk menyiapkan fasilitas teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga dapat menjangkau seluruh Indonesia dari sabang sampai Merauke bahkan hingga daerah-daerah terpencil yang saat ini belum tersentuh. Menyiapkan sumber-sumber daya manusia untuk melakukan penelitian dengan mengadakan subsidi ataupun beasiswa bagi mereka yang ingin melakukan penelitian demi mendorong kemajuan teknologi di Indonesia. Sarana dan Fasilitas Teknologi perlu dikaji lebih dalam sehingga bisa memberikan manfaat dalam jangka panjang. Dengan begitu maka pemerataan pembangunan yang menjadi visi misi Pemerintah bisa terlaksana

 

Mengikutsertakan sektor swasta

Akses Internet dan Jangkauan Telepon saat ini tentunya yang masih menjadi kendala di beberapa daerah yang sulit untuk di akses, letak geografis dan juga mahalnya sarana dan fasilitas tentunya masih menjadi keterbatasan. Pemerintahpun harus bisa menyiapkan hal ini jika ingin menjangkau akses dari sabang sampai merauke sehingga pemerataan pembangunan dapat terpenuhi. Mendorong sektor swasta untuk berinvestasi dalam jangka panjang bisa menjadi alternatif. Mengikut sertakan peran serta perusahaan swasta lokal dalam membangun Negeri tentunya sangat baik bagi pemerintah dibanding dengan membuka jalan bagi perusahaan Asing luar Negeri untuk berinvestasi di Indonesia. Anak bangsa diperlukan untuk membangun bangsa sendiri sehingga bisa bersaing dalam tataran kemajuan teknologi. Sehingga kedepannya bisa melakukan ekspansi-ekspansi ke luar, jika dari segi kemajuan teknologi sudah terpenuhi. Indonesia perlu bersaing dalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam tataran global. Dengan demikian Indonesia bisa berkembang dan menjadi Negara Maju yang tidak hanya jadi penonton tapi juga praktisi dalam hal teknologi. 

Dibutuhkan Visi dan juga misi jangka panjang untuk bisa membangun dan memajukan Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tentunya dengan melibatkan berbagai macam pihak yang bisa turut serta dalam memajukan bangsa dari segi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peran Industri Teknologi di Indonesia, akademisi, Peneliti, startup lokal, praktisi dapat menjadi ujung tombak untuk bisa membangun Indonesia yang lebih baik dalam hal pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga harapan-harapan itu semua bisa terwujud dalam beberapa tahun kedepan dan pemerataan pembangunan di Indonesia bisa terpenuhi.
Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam membangun Bangsa Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam membangun Bangsa Reviewed by Unknown on 22:38 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.