CARA MEMBUAT EMAIL BARU DI YAHOO DAN GMAIL


Email pada wikipedia mengacu kepada surat elektronik. Dimana surat elektronik ini merupakan pesan yang dikirim dan diterima oleh seseorang dalam bentuk text dengan menggunakan jaringan komputer (misalnya : Internet). Tanpa sambungan internet (daring) pengiriman pesan atau surat elektronik tidak akan tersampaikan ke alamat penerima email. Berikut metode pengirimamn email dalam jaringan internet :

        Surat elektronik dikirim --> Internet --> POP3Server Penyedia e-mail pertama --> Email Client --> Surat Elektronik di baca si penerima.

Untuk dapat mengirim email kita terlebih dahulu harus mendaftar pada penyedia layanan email untuk membuat Akun atau User. Akun atau User ini yang telah dibuat nantinya akan menjadi alamat pengirim email.  Dan Penerima email juga harus mempunyai akun lain yang terdaftar di penyedia layanan internet sebagai alamat penerima email. Situs dan perusahaan Penyedia email terbesar dan gratis saat ini adalah yahoo.com dan google.com.

Berikut adalah cara membuat email dengan menggunakan layanan Yahoo.co.id dan Gmail.com.


CARA MEMBUAT EMAIL PADA YAHOO.CO.ID

  •  Langkah pertama adalah dengan masuk pada browser web (mozilla atau chrome) pada komputer Anda dan ketikkan alamat pada Urlnya  https://yahoo.co.id/.
  • Setelah masuk pada halaman pertama yahoo.co.id, Anda harus memilih "Sign In" yang terletak pada pojok kanan atas, setelah itu Anda akan dibawa pada halaman seperti gambar di atas kemudian pilih  "Daftar"  seperti pada gambar di atas.  Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman untuk mengisi data Anda sesuai dengan permintaan yahoo berupa nama email, password dan data lainnya seperti pada gambar di bawah ini.
  • Pada tahap selanjutnya Anda diminta untuk verifikasi nomor telephone Anda. Yahoo akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor handphone Anda yang terdaftar. Pastikan Handphone Anda aktif sehingga anda bisa melihat kode verifikasi yang dikirimkan oleh Yahoo melalui SMS.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Yahoo melalui handphone anda ke halaman berikutnya seperti pada gambar di bawah ini.
  • Berikutnya Anda akan dibawa pada halaman email yahoo pertama Anda.
  •  Selamat kini Anda telah mempunyai akun email yahoo yang bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan elektronik (email) kepada kolega atau teman Anda.


CARA MEMBUAT EMAIL PADA GMAIL


Untuk dapat membuat email pada gmail.com, Anda harus mengakses halaman https://www.google.co.id/ pada browser komputer Anda (mozilla, Internet Explorer ataupun Chrome).
  • Langkah pertama setelah Anda masuk pada halaman google.co.id, Anda harus mengklik tombol "Masuk" yang terletak pada pojok kanan atas halaman utama google.co.id,  selanjutnya anda akan diantarkan pada halaman seperti gambar di bawah ini.
  •  Klik Buat Akun, lalu isi data sesuai pada permintaan form Google berupa Nama pengguna email, password dan lainnya seperti pada gambar di bawah ini. Pastikan semua kolom terisi untuk bisa lanjut ke halaman selanjutnya.















  • Berikutnya Google akan meminta verifikasi lewat nomor handphone Anda, Pastikan handphone Anda aktif karena Google akan mengirimkan kode verifikasi ke Handphone Anda melalui SMS.

  •  Masukkan kode Verifikasi yang dikirimkan oleh Google, lalu klik tombol lanjutkan seperti pada gambar berikut.
  •  Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman Akun Google Anda, Pilih Gmail untuk melihat akun email Anda. Berikut tampilan halaman Gmail setelah Anda membuatnya.

Kini Anda telah mempunyai 2 Alamat email aktif yang Anda buat pada Yahoo.co.id dan Google.co.id, yang bisa anda gunakan untuk mengirimkan surat elektronik ataupun email ke Kolega atau teman Anda. Email juga sangat dibutuhkan untuk membuat Akun User Blog ataupun Media sosial seperti Facebook ataupun Twitter.
Terimakasih, ikuti terus Toogo.com untuk mendapatkan artiket-artikel terbaru lainnya.

CARA MEMBUAT EMAIL BARU DI YAHOO DAN GMAIL CARA MEMBUAT EMAIL BARU DI YAHOO DAN GMAIL Reviewed by Unknown on 01:52 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.