9 Instruksi Pemerintah Jepang buat para pemain Pokemon GO



Pokemon GO yang rencanya akan dirilis di Jepang pada tanggal 20 Juli 2016, membuat pemerintah Jepang mengeluarkan surat edaran Terkait penggunaan Permainan Pokemon GO. Surat Edaran yang di publikasikan melalui Twitter dan Line itu berisi peringatan dan rekomendasi dari Pemerintah buat para Trainer Pokemon Go. Sebelumnya sejak diterbiktkan pertama kali 2 minggu lalu Australia, Selandia Baru dan Amerika serikat, banyak kejadian aneh yang diberitakan mengenai permainan ini, diantaranya seorang gamer di Long Island terjatuh dari skateboard ketika sedang memainkan permainan ini. Pemberitaan lainnya juga seorang remaja di Amerika serikat terpeleset ke dalam selokan got saat hendak menangkap pokemon di Smartphonenya.  NISC (National Center for Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity), selaku Badan pemerintah Jepang yang menangani masalah keamanan cyber mengeluarkan 9 instruksi agar dapat diikuti oleh para Pemain demi menjaga keamanan dan keselamatan mereka sendiri.

Berikut 9 instruksi yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Jepang untuk para pengguna pokemon go.

1. Jangan mengungkap Informasi Pribadi 
Pemerintah Jepang melarang menggunakan nama identitas Asli dalam memainkan permainan ini, lebih baik menggunakan nick name atau nama alias. Jangan juga mengambil foto lalu menggunggahnya ke media sosial. 

2. Berhati-hatilah terhadap Aplikasi atau perangkat palsu
 Aplikasi palsu sangat rentan terhadap pembajakan dan virus. 

3. Download Aplikasi Cuaca 
Anda harus mengetahui kondisi cuaca yang bisa saja tiba-tiba berubah tanpa Anda sadari. 


4. Waspadai Suhu Tinggi 
Kondisi cuaca dengan suhu yang tinggi di Jepang beberapa Tahun ini sedang melanda Jepang, Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak baik mengingat game ini sering dimainkan di luar rumah/outdoor. 

5. Sediakan Baterai Cadangan 
Permainan ini cepat menghabiskan baterai, sehingga Anda harus memerlukan cadangan. 

6. Selalu siap menghubungi Keluarga 
Saat kehabisan Baterai, kartu telepon juga penting untuk Anda siapkan untuk dapat menelepon keluarga di saat-saat dalam keadaan darurat. 



7. Jangan mendatangi tempat-tempat berbahaya 
Poin yang tidak kalah penting, banyak kecelakaan yang terjadi akibat gamer mendatangi tempat-tempat yang tidak seharusnya mereka tuju. 

8. Jangan Menemui orang sembarangan 
Berkaitan dengan nomor 7, jangan sembarangan menemui orang yang ingin bertemu dengan Anda saat bermain pokemon Go. Ada beberapa laporan terjadi terkait dengan perampokan saat bermain pokemon go. 

9. Jangan berjalan sambil menggunakan handphone. 
Terlepas Anda sedang bermain pokemon go atau tidak, sebaiknya Anda jangan bejalan saat menggunakan handphone karena akan menyebabkan masalah nantinya. 



Pokemon GO sendiri masih menunda penerbitan aplikasi game itu dijapan, dengan menyipakan server khusus dengan lapisan sekuriti yang ketat agar tidak bisa ditembus para pembajak. Dikabarkan telah banyak applikasi palsu mirip pokemon GO yang beredar, yang dapat membajak akun data dan email para pengguna.
9 Instruksi Pemerintah Jepang buat para pemain Pokemon GO 9 Instruksi Pemerintah Jepang buat para pemain Pokemon GO Reviewed by Unknown on 16:57 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.