Google Memenangkan Tuntutan Oracle

Setelah melalui proses persidangan akhirnya Hakim di San Fransisco memutuskan bahwa sistem Operasi Android milik Google tidak melanggar Hak Cipta. Sebelumnya Oracle melayangkan tuntutan pada Gogle atas penyalahgunaan Hak Cipta atas licensi API JAVA mereka digunakan di Sistem Operasi Android milik Google. Mereka menuding bahwa Google menggunakan Teknologi API Java mereka secara Ilegal. Java Sendiri merupakan platform pemrograman yang dapat berjalan pada komputer dan Seluler yang saat itu dikembangkan oleh Sun Micro System sebelum di akuisisi oleh Oracle di tahun 2009. 

Putusan peradilan pada hari Kamis (27/05/2016) itu menyatakan bahwa penggunaan API Java pada Android oleh Google termaksud dalam ketentuan Fair Use di Amerika Serikat, Penggunaan Hak CIpta dalam yang masih dalam batas kewajaran.

Para pengembang Software pun khawatir jika kasus ini dimenangkan oleh Oracle, akan memungkinkan mendorong banyaknya tindakan hukum atas kasus tersebut.

Oracle menuntut Google sebesar $9,3 milliar dalam kasus tersebut. Dan jika dimenangkan akan menjadi yang terbesar dalam putusan Hak Cipta di Amerika Serikat. Vonis Hak CIpta terbesar terakhir saat ini diberikan kepada Oracle saat menggugat sainggannya SAP pada tahun 2010.

Google menyatakan putusan juri tersebut merupakan kemenangan bagi para pengembang software khususnya Android.

"Putusan har ini, menyatakan jika Android melakukan Fair Use terhadap API Java, merupakan kemenangan bagi ekosistem Android, bagi komunitas programming Java, dan bagi pengembang software yang mengandalkan bahasa pemrograman terbuka dan gratis untuk membangun produk konsumer yang inovatif" Ujar juru bicara Google. Dikutip pada TechChrunch (27/05/2016).

Oracle sendiri rencananya akan mengajukan banding atas kasus ini dan akan membawa kasus ini ke Pengadilan Federal Circuit melalui banding.

"Kami sangat percaya bahwa Google mengembangkan Android secara ilegal menyalin teknologi Inti Java untuk terburu-buru ke pasar perangkat mobile," Ujar Dorian Daley, Pengacara Oracle.
"Oracle membawa gugatan ini untuk menghentikan perilaku ilegal Google. Kami percaya ada banyak alasan untuk banding dan kami berencana untuk membawa kasus ini kembali ke Circuit Federal melalui Banding".



Google Memenangkan Tuntutan Oracle Google Memenangkan Tuntutan Oracle Reviewed by Unknown on 03:14 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.